Mentality Makes Profit!

Salam profit untuk rekan-rekan Investor Muda. Saya sempat berpikir untuk melanjutkan pembahasan penggunaan teknikal analisis selanjutnya selain dari candle pattern yang pernah saya sajikan beberapa waktu yang lalu. Namun, saya kembali tergerak untuk membahas judul yang saya berikan dalam sharing kali ini. Sekedar catatan, posting saya kali ini merupakan posting yang saya tulis pada tanggal 12 November 2016, sehingga harga pada chart merupakan harga pada tanggal tersebut.

Perlu diketahui, “Mentality Makes Profit” judul ini mempunyai makna bahwa seberapa besar keuntungan yang akan anda dapatkan dalam berinvestasi dalam dunia pasar modal ini bergantung dengan seberapa kuat mental anda. Tentu saja mempunyai mental yang baik, tanpa adanya analisa mengenai suatu emiten yang akan di beli maka hasilnya juga tidak dapat di prediksi. Tetapi sehebat apapun analisis anda untuk suatu emiten bila anda tidak mempunyai mental yang cukup untuk melihat saham anda mencapai profit yang anda inginkan maka percayalah, anda akan menjual saham anda dengan harga yang sangat murah dari yang akan di capai oleh suatu saham tersebut.

Saya mengelola sebuah grup khusus yang disebut sebagai IM Priority. di dalam grup tersebut ada beberapa emiten yang penulis analisa dan mempunyai target harga tertentu seperti emiten HRUM sejak di harga 1060, saya sudah menganalisa dan mengatakan bahwa HRUM dapat mencapai area 2000-3000 dalam waktu dekat, sontak ketika itu banyak anggota yang mengambil di area 1060-1100. seiring dengan berjalannya waktu HRUM ternyata memberikan hasil yang sangat cepat, dalam waktu 2 minggu HRUM berada di area 1500-1700. Nah di dalam 2 minggu ini anggota-anggota yang mempunyai mental yang tidak kuat beberapa menjual di area 1300, 1400, 1500. Ingat saya dari awal sejak di harga 1060 sudah mengatakan akan ke harga 2000-3000 dengan memberikan penjelasan mengenai harga batubara dan prospek kedepannya dengan bahasa yang mudah dicerna, karena basic saya merupakan lulusan teknik pertambangan. Berbeda dengan orang-orang yang mempunyai mental yang siap, mereka dapat dengan santai menahan suatu emiten sesuai dengan area target dan akhirnya mereka mendapatkan profit yang lebih tinggi.

Perlu anda tahu, bahwa suatu saham tidak akan terus menerus memberikan anda hasil yang positif setiap harinya, sehebat apapun saham yang akan naik pasti akan terdapat koreksi-koreksi kecil dalam setiap perjalanannya

hrum
Daily Chart HRUM

Dari gambar di atas ini, dapat di lihat dari harga 1050, HRUM terdapat 5x koreksi untuk mencapai ke harga 2600 dan Penulis yakin bahwa harga batubara akan setidaknya dapat bertahan di area sekarang namun kenaikan sahamnya masih tergolong belum dapat menandingi kenaikan harga batubara itu sendiri sehingga saham HRUM seharusnya dapat lebih tinggi dari 2600 ini (disclaimer on). Namun kenaikan harga HRUM ini pun tidak akan lepas dari yang namanya koreksi. sehingga seberapa besar profit yang akan anda raih, kembali lagi kedalam seberapa besar mental anda untuk mendapatkan profit.

ini 1 lagi contoh yang menurut saya cukup spektakular. saham SMBR naik dari harga kisaran 300 sekarang sudah di area 2000 dalam waktu hampir 1 tahun.

smbr-chart
Daily Chart SMBR
smbr
Portofolio SMBR

Dapat anda lihat, perjalanan untuk mencapai ke area 2000an SMBR tidak semulus  jalan tol, ada beberapa koreksi dan mungkin cukup lama untuk membentuk suatu nilai yang lebih tinggi.

Walaupun saya memberikan contoh-contoh saham seperti di atas ini, saya bukanlah penganut bahwa beli lalu lupakan saham itu. Saya sebelum menentukan saham mana yang layak untuk dibeli, saya melakukan Analisa terhadap Fundamental Perusahaannya, Teknikal Chartnya, serta prospek kedepannya. Apabila menurut Fundamental perusahaannya murah dan prospek kedepannya bagus maka anda cukup tenang saja menahan emiten ini, toh apabila ketika anda masuk sahamnya turun anda punya kesempatan untuk membeli di harga yang lebih murah untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Happy Cuan,

Happy Trading,

Have a great Mentality🙂

0 Comments

Leave a reply

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2017 Investor Muda. This site provided by Kerosky - PT. Pelopor Ide Kreatif

Terms & Condition | Privacy

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account