Investor Muda Priority by Chris Apriliony

Selamat datang di Investor Muda Priority, grup diskusi saham prioritas dari Investor Muda yang akan memandu anda dalam belajar menghadapi arus dunia saham yang “unik”. Mengapa “unik”? karena dunia saham ini merupakan suatu area dimana tidak ada yang dapat mengetahui kemana arah pergerakan selanjutnya, bisa 10 orang menganalisa saham itu akan naik dan 1 orang menganalisa saham itu akan turun pada hasilnya nanti ternyata sahamnya berada pada posisi stagnan.

Penulis mempunyai background pendidikan di dunia pertambangan dimana sudah pernah bekerja di perusahaan – perusahaan tambang Indonesia dan mempunyai jaringan rekan – rekan di dunia pertambangan sehingga akan lebih menarik apabila membahas tentang prospek suatu emiten tambang kedepannya.

Dari pengalaman penulis, beberapa rekan-rekan mengeluhkan portofolionya yang bermasalah dikarenakan ketika membeli suatu saham tidak disertai dengan analisa yang matang. Ada juga trader/investor yang belum mengetahui tipenya sendiri di dunia saham. Pengelompokan tipe orang ini walaupun kelihatan remeh, tetapi cukup penting. Dimana kedepannya akan menentukan “Trading Plan” dari setiap orang.

Di dalam dunia saham, terdapat tiga tipe yaitu Investor, Swing atau Trader.

  • Tipe Investor adalah orang dengan kesabaran tinggi dimana orang ini adalah orang yang dapat menahan saham hingga dalam jangka tahunan. Biasanya investor ini benar-benar orang yang ingin invest di saham dimana pemasukan bulanannya or mingguan disisihkan untuk membeli saham entah itu akan di lakukan average down maupun pembelian saham baru.
  • Tipe Swing adalah orang dengan kesabaran menengah dimana tipe ini akan memegang saham secara mingguan hingga bulanan.
  • Tipe Trader dimana tipe ini kebanyakan terdiri dari orang – orang yang memegang sahamnya dalam jangka waktu harian hingga bulanan.

Penulis sendiri adalah seorang trader, swinger dan invest.

“Loh kok bisa tiga-tiganya, Pak?” Tentu saja bisa, dimana Anda harus membuat money management terhadap berapa yang akan di invest, dan berapa yang akan dipakai untuk swing dan trade. Penulis sendiri membedakan account invest dengan account swing/trade untuk memudahkan penulis dalam memilah dan tidak terlalu memikirkan saham – saham yang di invest. Perbedaan lebih mendalam mengenai tipe trader akan dijabarkan secara khusus pada postingan yang akan datang.

Ketika Anda mengetahui tipe Anda, maka seharusnya mindset Anda sejalan dengan tipe trading Anda. Ketika Anda memilih jalan sebagai investor anda harus melihat fundamental serta prospek emiten kedepannya akan seperti apa. Berbeda dengan swing dan trader dimana apabila swing 3 bulanan sesuai dengan laporan keuangan cukup melihat dari laporan keuangannya dan trader cukup melihat secara teknikal.

Berikut ini Contoh yang penulis katakan tipe swinger dengan melihat LK (Laporan Keuangan)

post-1-type
(28 Juli 2016 | Harga NIKL 434)

Ketika artikel ini dibuat pada bulan September 2016, harga NIKL mencapai high di 990 sebelum terkoreksi di harga sekarang 675 dimana sebenarnya apabila Anda memegang NIKL dengan mental awal di 3 bulan dalam 1 bulan pertama anda mempunyai kesempatan untuk menjual di harga 990 sehingga keuntungannya lebih dari 100%.

Dan ingat! Jangan berharap ketika Anda membeli suatu saham, saham yang anda pilih tersebut akan langsung naik secara hitungan menit atau jam atau hari. Persiapkan mental Anda!”

Dalam posting-posting selanjutnya penulis akan membagikan bagaimana menganalisa Fundamental dan Teknikal secara sederhana. Sehingga Anda dengan mudah bisa melakukan analisa sendiri dan menjadi seorang trader maupun investor yang handal di bursa saham.

 

Happy Trading, Happy Investing, Keep Learning 😊

0 Comments

Leave a reply

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2017 Investor Muda. This site provided by Kerosky - PT. Pelopor Ide Kreatif

Terms & Condition | Privacy

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account