Notes by: William Prasetyo / Co-Founder Investor Muda

Pada 8 Mei 2019 ini PT. Bukit Asam Tbk melepas saham treasury untuk kegiatan investasi dan operasional perusahaan dimana yang saham treasury tersebut sebagian kecil diserap oleh PT. Indonesia Asahan Aluminium / Inalum.

Berdasarkan data transaksi, crossing saham tersebut berada di level Rp 3.400/saham. Dimana pada tanggal 6 Mei kemarin merupakan cum date saham PTBA. Pembagian dividen per lembar saham tentu nya harus mengikuti jumlah saham yang beredar di pasar. Oleh karena itu, jumlah dividen per lembar saham yang akan dibagikan akan mengecil.

Pada umumnya di hari ex-dividen, saham akan terkoreksi sejumlah dividen yang dibagikan. Dan pada tanggal 7 Mei yang merupakan tanggal ex-dividen saham PTBA, saham PTBA betul terkoreksi kurang lebih sama dengan sejumlah dividen yang dibagikan dan closing di harga 3.400.

Namun yang lebih mengejutkan nya dimana pada hari Selasa 8 Mei 2019, saham PTBA gap downdan closing di 3.190 mengadjust crossing di pasar tunai tersebut.

Hal ini menarik untuk dicermati dikarenakan saham PTBA terkoreksi ke level 3.190 dimana harga ex-dividen seharusnya di kisaran 3.400. Indikator RSI juga menunjukkan harga saham berada di area oversold setelah selama 4 hari kebelakang saham PTBA mengalami penurunan. Dan selain itu juga dana hasil penjualan treasury yang di lepas ke pasar digunakan untuk pengembangan usaha emiten yang adalah baik untuk meningkatkan nilai perusahaan. Kami melihat adanya potensi rebound pada saham ini dengan target adjustment harga di 3.400 untuk jangka pendek nya.

Referensi news: https://investasi.kontan.co.id/news/hari-ini-ada-crossing-saham-bukit-asam-ptba-senilai-rp-267-triliun

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2019 Investor Muda. All Rights Reserved. Developed by PT Pelopor Ide Kreatif.

Log in with your credentials

Forgot your details?