Tak terasa Tahun 2016 sudah dilewati, Tahun 2016 termasuk tahun dimana IHSG cukup gemilang yang kenaikan IHSG dari 4400 hingga tertinggi menyentuh di angka 5491 merupakan suatu prestasi tersendiri bagi IHSG, walaupun kita tahu bahwa titik tertinggi ini masih belum melewati titik tertinggi IHSG di tahun 2015, tetapi terlepas dari hal itu selayaknya kita patut untuk mensyukuri hal ini.
Tahun 2016 dipimping kenaikan oleh sektor komoditi, dimana harga Minyak dan harga Batubara mampu mengalami penguatan yang cukup signifikan sehingga saham-saham yang berbasis dengan Minyak serta batubara mencetak persentase keuntungan investasi yang sangat tinggi. tetapi yang menarik untuk diperhatikan adalah sektor konstruksi dimana pada tahun 2016 ini konstruksi tampaknya belum mampu memberikan return keuntungan yang cukup tinggi terlebih pada akhir tahun di tutup dengan nilai yang cukup rendah apabila dibandingkan dengan pencapaian harga pada tahun 2016 ini.

lalu, bagaimana 2017???

americaWell, disini penulis akan berusaha menjabarkan menurut pandangan penulis mengenai bagaimana tahun 2017 ini di hadapi oleh Indeks kita. Awal 2017 kita akan dipertemukan dengan “Trump Effect” dimana hal ini menurut saya akan cukup membuat IHSG masuk kedalam masa sulit terutama pada akhir januari – februari. Pada masa ini yang akan menentukan bagaimana reaksi ekonomi global dimana Fed Rate sudah memberikan sinyal bahwa akan menaikan kembali suku bunga amerika sehingga membuat dollar semakin kokoh daripada mata uang negara lain.
 
 
pilkada
Pada Bulan Februari juga kita akan merasakan hal yang cukup di tunggu-tunggu yaitu PILKADA serentak. Pilkada ini akan memberikan efek baik atau buruk terhadap IHSG sesuai dengan siapa yang akan terpilih menjadi Pilkada di daerah Jakarta. Mari kita rayakan pesta Demokrasi di Indonesia, satu suara dari anda merupakan konstribusi anda terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menjadi Warga Negara yang Bijak.
 
 
 
 
brexit
Beranjak dari “Trump Effect” dan PILKADA kita akan bertemu dengan “BREXIT” dimana menurut perdana mentri Inggris, Inggris akan keluar dari EU sebelum bulan April 2017. Menurut penulis Brexit sendiri tidak terlalu berpengaruh banyak dalam perekonomian Indonesia, namun tetep saja perlu selalu waspada seperti isu Brexit yang lalu, yang memicu terjadinya Panic Selling karena ketakutan akan efek Brexit ini.
 
 
 
war
 
Masalah dari Negara Timur juga akan berpengaruh terhadap harga minyak dunia, dimana 2017 akan menjadi situasi yang cukup panas bagi Turki, Rusia, Amerika, Israel, Palestina, Iran dll yang telah dapat kita lihat awalnya pada akhir 2016 kemarin. Well karena pembatasan harga minyak dunia telah di setujui oleh OPEC, penulis masih percaya bahwa minyak masih dapat melanjutkan penguatan.
 
 
 
Dari minyak kita beralih ke Batubara, Batubara terlihat sangat gemilang pada tahun 2016 kemarin. Bagaimana dengan 2017? Penulis sendiri melihat prospek batubara dengan kenaikan harganya dari harga terendahnya di area $40/ton (NCI)  dengan penutupan di akhir tahun $komo88/ton (NCI) belum di imbangi oleh beberapa perusahaan yang terdaftar di bursa itu sendiri, masih banyak perusahaan tambang yang masih berada pada area yang termasuk murah. terlebih proyeksi batubara kedepannya akan cukup baik dimana Trump adalah seseorang yang mendukung komoditi, PLTU yang sudah semakin banyak, dan banyak perusahaan-perusahaan batubara di dunia yang mulai mengalami masa-masa sulit hingga bangkrut, Yang penulis perhatikan di Australia dimana Negara ini merupakan Negara dengan produksi batubara yang tinggi sudah mulai melakukan pemangkasan karyawannya, sehingga tentunya produksi juga akan berkurang serta permintaan batubara kedepannya akan mengalami cukup tinggi. terlebih lagi harga Minyak yang diprediksi akan mengalami penguatan akan membantu harga batubara sebagai salah satu subtitusi energi.
 
Menurut penulis tahun 2017 ini akan menjadi hal baik bagi sektor Consumer, Konstruksi, Komoditi (Oil & Coal) dan sektor yang penulis anggap belum dapat perform dengan baik yaitu sektor Properti namun Properti juga tergantung pada kebijakan Trump serta Fed Rate dengan penjelasan lebih detail nantinya di ranah Priority by Investor Muda.
Kami juga dari Tim Investor Muda akan terus meningkatkan pelayanan kami kepada anda dan akan berusaha lebih banyak agar dapat memberikan pembelajaran serta awareness terhadap para anggota. Semoga di Tahun ini kami dapat menjadi lebih baik serta lebih besar supaya masyarakat Indonesia lebih dapat mengenal bentuk investasi yang dapat memajukan Negara kita.

Pada Akhirnya, Kami dari TIM INVESTOR MUDA mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU 2017! Never Stop Learning. 🙂

1 Comment
  1. Rio 3 years ago

    Nice

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2019 Investor Muda. All Rights Reserved. Developed by PT Pelopor Ide Kreatif.

Log in with your credentials

Forgot your details?